Sunday, 10 March 2013

Power Supply adalah sumber tenaga yang digunakan oleh Komputer sehingga keberadaannya sangat penting bagi komputer kita. Bila sumber tegangan dari power supply tidak ada maka komputer kita tidak akan menyala
Sebelum membahas penyebab rusaknya power supply ada baiknya saya membahas indikasi serta ciri-ciri bila sebuah power supply akan/sudah rusak, yakni :
  • Komputer sering merestart sendiri. (baca juga penyebab lain komputer merestart sendiri)
  • Bila kita menyalakan komputer pada jam-jam sibuk (jam 18.00 sampai jam 22.00) dan kemudian komputer menyala dan kemudian merestart dan hal tersebut sering terjadi, maka dapat dipastikan power supply kita lemah/sebentar lagi mati.
  • Ketika menyalakan komputer, komputer tidak menyala
Hal-hal di atas dapat menjadi indikasi kepada kita bahwa bila komputer kita sering terjadi hal demikian, maka sebaiknya periksalah serta bersihkan bagian dalam CPU dari debu.

Banyak penyebab Power Supply Mengalami Kerusakan namun yang paling sering terjadi adalah  terdapat banyak debu pada power supply dan mungkin yang paling sering terjadi adalah karena Electrolit Condensator (ELCO) pada power supply sudah kadaluarsa atau rusak sehingga power supply tidak dapat menyalurkan aliran listrik ke feripheral.

Maka jika anda mengalami hal seperti ini ada baiknya anda berisap-siap untuk membeli power supply tersebut. atau setidaknya mengganti ELCO yang rusak yang ditandai dengan membengkaknya ukuran ELCO tersebut.

 Demikian dulu pembahasan untuk kali ini.

3 comments:

  1. oh gt ya gan baru tahu saya itu merupakan salah satu penyebabnya juga, :o

    ReplyDelete
  2. ternyata oh ternyata...
    masalahnya simpel aja, tapi benar2 haru di rawat

    ReplyDelete