Sunday 10 March 2013

Mungkin Banyak yang mengeluhkan mengapa komputer sering restart sendiri atau sebelum masuk windows (saat booting), restart mendadak, dan sering atau terus-menerus restart tanpa tahu apa penyebabnya. Atau mungkin saat kita lagi asik main games tiba tiba restart sendiri. Untuk mengatasi masalah sering restart pada komputer, PC atau Laptop banyak hal yang harus diperhatikan, tentunya sobat sendiri yang lebih mengerti tentang spesifikasi PC atau laptop yang sobat miliki.
Perlu penalaran yang lebih panjang untuk mengetahui penyebab komputer sering restart sendiri, namun saya memiliki beberapa tips solusi dan jawaban untuk mengatasi restart yang terjadi pada komputer sobat.

Berikut ini ada 2 (dua) hal mendasar yang harus sobat ketahui sebagai Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer sering Restart Sendiri 

Hal – hal yang paling sering menjadi penyebab komputer restart :

1. Kelistrikan : listrik adalah hal utama yang harus sobat periksa, dalam hal ini ialah Voltase (Voltage) tegangan listrik sobat. Gunakan AVO Meter untuk mengecek tegangan voltase listrik sobat, colokkan avo meter pada listrik dinding sobat, apakah sudah mencapai 220 V ? , jika tidak mencapai tegangan 220 V atau hanya sekitar 160 – 190 V ( naik turun ), saya jamin komputer sobat akan restart terus menerus, dalam hal ini sebagai solusi maka sobat harus menggunakan bantuan Stabilizer / Stavolt. Jika perlu suruh orang PLN untuk membetulkan listrik rumah sobat dan marahi sekalian. [ Supply listrik yang kurang akan menyebabkan komputer restart / mati dan berdampak pada kerusakan Hardware, Hard Disk, Motherboard dan Memory ]

2. Power Supply : Kerusakan Power Supply sedikit sekali yang memprediksi, Power Supply yang rusak akan mengalirkan listrik yang tidak sempurna yaitu naik – turun dan tersendat – sendat, ketika power supply tegangan turun, komputer sobat akan restart. [ Solusi : Cara mudah dan ampuh ialah menggunakan fan / kipas yang memiliki lampu, perhatikan terang lampunya, jika terkedip – kedip segeralah ganti power supply sobat. ]

Jika sobat merasa Kelistrikan bukan yang menjadi alasan komputer sobat restart maka perhatikan berikut ini :

1. Restart saat Booting Windows.

Jika Restart saat Booting windows, hal ini lebih disebabkan karena kerusakan pada system start up, istilahnya file corrupt pada windows, atau memory yang sobat pakai kurang besar / rusak.

Solusi : Jika rusak windows maka sobat harus instalasi ulang / meng install windows lagi. Ingat !!! terkadang hal ini juga karena memory, saat windows restart maka CPU / Processor akan bekerja sangat kencang, jika memory tidak menunjang maka akan terjadi restart.

2. Restart saat Menjalankan Program / Main Games ( Low / Bad Memory )

Saat sobat menjalankan aplikasi yang besarnya tidak sesuai dengan spesifikasi PC komputer sobat maka akan terjadi restart, Low Memory yang biasa menjadi penyebab nya. Misalkan sobat main games yang besar dan sobat menjalankan Multi Tasking misalnya main games dan membuka program – program yang lainnya yang menyebabkan memory sobat bekerja ekstra keras, termasuk anti virus, anti virus akan memakan source komputer sobat lumayan banyak dan terkadang komputer sobat akan menjadi berat.

Solusi : tambah kapasitas Memory. Ingat !!! Bad Memory juga menyebabkan komputer sering Blue Screen dan Restart.

3. CPU / Processor Panas

CPU / Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer restart, cek suhu CPU sobat pada system BIOS, suhu normal berkisar antara 45º – 55º , jika ini yang menjadi penyebabnya.

Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, jika perlu ganti Thermal Pasta dengan yang baru.

4. Program Crash / Virus-Malware

Banyak program yang memakan source komputer terlalu besar, saya sarankan sesuaikan program yang sobat install dengan spesifikasi komputer sobat, Virus juga sering mengambil sumber daya komputer yang besar tanpa kita sadari.

Solusi : Ganti komputer lama sobat dengan komputer yang mumpuni dan pasanglah Anti virus.

Hal – hal diatas ialah penyebab yang paling sering membuat komputer sering restart sendiri, saya sarankan memeriksa dan mecoba langkah-langkah diatas.

11 comments:

  1. :) Cukup Membantu kawan terima kasih atas saranya

    ReplyDelete
  2. ;(( KOMPUTER ANE RUSAK MAAAK

    ReplyDelete
  3. bang, saya mo nanya nih, klo misalnya windows sering ngerestart begitu, bisa kgak di repair ato gmana gitu, tapi tanpa instal ulang.......soalnya cd windows ane ilang (p) jadi saya bingung mau diapain lgi tuh windows.....tolong dikasih pencerahannya ya bang, terima kasih :)

    ReplyDelete
  4. Komputer ane dulu pernah kek gitu, yaah ternyata selidik punya selidik, komputer ane terserang virus, sallity...
    Space data membengkak terus, kek gitu gan sering restar sendiri...
    trus ane install anvir avast terupdate, alhamdulilah semua teratasi

    thanks sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  5. gan numpang tanya komputer ane restar sendiri trs abis restar di tunggu g nyala nyala mati total penyebabnya apa yah padahal baru pake 3 hari baru rakit
    spesifikasinya
    i5 3.2 ghz
    vga asus geforce gtx 960 turbo oc 2gb ddr5
    ram corsair 8gb
    mother board gigabyte h81mns2
    powor suple bawaan casing dazumba 450waths

    dia restat pas main game doang selain itu lancar jaya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahan ane juga sama gan, sudah dapat jawabannya gan? Mohon info

      Delete
    2. Permasalahan ane juga sama gan, sudah dapat jawabannya gan? Mohon info

      Delete
    3. kalau PC restart sendiri tanpa ada peringatan apapun, Bluescreen / Blankscreen, itu biasanya permasalahan ada di PSU.

      ada indikasi saat main game, kebutuhan clock untuk game itu naek, secara otomatis CPU dan GPU membutuhkan voltase dan watt lebih dari powersupply. tapi ketika powersupply tidak dapat memberikan daya lebih dari yang dibutuhkan, PSU akan memutus hubungan listrik dan memulai / reset PC.

      tapi kalau sebelum restart ada BSOD, bisa jadi dari RAM, Hardisk bad sector/drop rate, GPU gagal driver, overheat, atau windows crash / ada virus

      Delete
  6. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete